Selasa, 19 Mei 2009

PENGERTIAN CERPEN

PENGERTIAN CERPEN
Cerpen bisa didefinisikan sebagai sebuah cerita yang formatnya sangat singkat, dan berisi penggalan cerita tertentu. Cerpen adalah karya fiksi. Maksudnya, cerita yang terkandung di dalamnya bukan kisah nyata.
Jadi jika anda menulis sebuah cerita yang merupakan pengalaman pribadi, maka itu bukanlah cerpen. Namun, anda bisa menulis sebuah cerpen berdasarkan kisah nyata. Dalam hal ini, kisah nyata tersebut hanya diperlakukan sebagai sumber ide. Setelah itu, ide tersebut diolah sedemikian rupa, sehingga ia menjadi cerita fiksi alias tidak nyata.
Cerpen tentu banyak jenisnya. Pembagiannya pun bermacam-macam. Berdasarkan segmen pembacanya, ada cerpen anak-anak, cerpen remaja, dan cerpen dewasa. Berdasarkan temanya, ada cerpen drama, cerpen misteri, cerpen humor, dan seterusnya.
Tidak ada aturan bahwa cerpen itu harus ada dialognya atau tidak boleh ada dialog, dan seterusnya. Intinya sebenarnya adalah pada kesatuan cerita yang ditulis. Jika anda merasa bahwa cerpen tersebut lebih menarik tanpa dialog, atau lebih menarik jika isinya dialog semua. ya itu semuanya terserah anda sebagai penulis. Setiap penulis punya kebebasan yang sangat luas dalam hal ini.
Novel dan cerber sebenarnya tidak ada bedanya. Cerber atau cerita bersambung adalah sebuah karya fiksi yang sangat panjang (jumlah halamannya) dan dimuat di sebuah media cetak secara bersambung. Sedangkan novel adalah sebuah cerita dalam bentuk buku. Maka, bila sebuah cerber diterbitkan menjadi buku, maka namanya akan berubah menjadi novel.
Ya, kira-kira demikianlah teorinya. Namun saya kira, anda tak perlu terlalu pusing memikirkan teori-teori seperti itu. Yang dibutuhkan oleh seorang penulis adalah pengetahuan dan keterampilan yang memadai sebagai modal untuk menulis.

2 komentar:

  1. assalamualaikum Wr. Wb.
    terima kasih buat artikelnya, saya memang sedang mencari pengertian cerpen :)
    banyak menulis cerpen, tetapi saya masih bingung dengan artinya secara formal.
    oh, ya. kalau ada waktu silahkan mampir ke blog saya di www.ahmadwidarta.co.cc
    sekalian saya minta komentar dari cerpen dan puisi saya...

    wassalamualaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  2. aloemni wikha bu... pa kabar... salam sehat selalu... sukses bu

    BalasHapus